Home Hot-Stuff Ponsel

iPhone 5 Meledak Saat Digunakan di Thailand

by -
0 0
iPhone 5 yang meledak di Bangkok, Thailand

iPhone 5 yang meledak di Bangkok, Thailand

Jakarta – Meski ini bukan yang pertama, namun berita soal kasus iPhone meledak selalu menarik untuk dibaca. Ya, kali ini kabar tentang meledaknya iPhone datang dari kota Bangkok, Thailand.

Seperti dikabarkan Bangkok Post, seorang pengguna di Thailand melaporkan, smartphone iPhone 5 tiba-tiba meledak saat digunakan. Insiden ini menimpa seorang pebisnis bernama Suwicha Uasomsaksakul pada bulan Maret lalu.

Ia melaporkan iPhone 5 miliknya tiba-tiba meledak saat digunakan untuk menelepon kurang lebih selama 30 detik. Sebelum meledak, ia merasa ponselnya sangat panas dan tiba-tiba mengeluarkan asap. Melihat ada yang tidak beres pada ponselnya, dia langsung melemparkan iPhone 5 tersebut dan sesaat kemudian terdengar suara ledakan sebanyak empat kali.

Mendapati iPhone 5 miliknya rusak parah akibat insiden tersebut, Suwicha segara melaporkannya ke petugas kepolisian setempat. Dan selanjutnya kasus ini coba diinvestigasi oleh National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) Thailand.

Setelah dilakukan investigasi selama dua bulan, penyebab meledaknya iPhone 5 itu dapat terungkap. Sekretaris NBTC, Takom Tantasit menyatakan, meledaknya iPhone 5 itu karena adanya arus pendek yang disebabkan ada baut kecil yang nyangkut di bawah pelindung baterai iPhone 5 tersebut

“Kemungkinan karena adanya baut kecil yang menembus baterai. Ini yang membuat perangkat itu meledak,” jelas Tantasit seperti dilansir Bangkok Post, Rabu (15/5).

Namun pihak NBTC belum mengetahui penyebab masuknya baut tersebut ke bagian lapisan baterai. Namun menurut Takom, baut pentagram (berbentuk bintang bersudut lima) itu tidak sesuai dengan standar pabrik.

Peneliti menyimpulkan penutup belakang perangkat tersebut telah dibuka atau diganti oleh pihak ketiga, menggunakan alat yang tidak sesuai standar Apple. Hal inilah yang membuat baut kecil itu masuk ke lapisan baterai dan menyebabkan arus pendek dan sebagai pemicu ledakan.

Sementara itu, pihak Apple sendiri telah memberikan respons atas laporan dari NBTC. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California AS itu menyatakan siap melakukan investigasi terkait laporan meledaknya iPhone 5 di Thailand itu.[HBS]