Home Hot-Stuff Ponsel

Samsung Galaxy S4 Vs HTC One

by -
707

gambar utama[quote]Samsung Galaxy S4 dan HTC One berhasil membawa smartphone ke level yang lebih tinggi. Mana yang terbaik diantara keduanya? Simak perbandingannya berikut ini.[/quote]

 Camera

Head to head Samsung Galaxy S4 Vs HTC One dimulai dengan membandingkan teknologi kamera. Galaxy S4 mengedepankan kamera beresolusi 13 MP sedangkan HTC One membawa kamera 4 MP berteknologi UltraPixel. Mana yang terbaik?

Well, jika besaran resolusi menjadi pembandingnya, maka HTC One bukanlah tandingan Galaxy S4. Tapi, seperti kata petinggi HTC, kualitas foto tidak ditentukan oleh besaran resolusi. Yup, dengan teknologi UltraPixel, HTC mengklaim kualitas jepretan HTC One sebanding dengan kamera 13 MP atau bahkan lebih. Lalu apa hal menarik yang bisa dibandingkan?

Mari kita mulai dengan fitur. HTC One hadir dengan dua mode pengambilan gambar yaitu normal dan Zoe. Pada mode normal, Anda bisa menggunakan beragam jenis filter, fitur HDR, panorama, dan beragam jenis pengaturan yang lazim ada di kamera. Sementara pada mode Zoe, Anda bisa menggabungkan beberapa frame ke dalam satu foto. Mode Zoe bekerja dengan cara merekam video selama tiga detik untuk menghasilkan 20 frame. Selanjutnya, Anda bisa memilih frame terbaik atau menggabungkan hingga 5 frame untuk selanjutnya disimpan dalam satu foto.

Fitur yang sama juga dimiliki oleh Galaxy S4. Samsung menyebutnya dengan nama Drama Shot. Fitur tersebut ikut diunggulkan Samsung bersama dengan fungsi dual camera dan sound&shot.  Untuk fungsi dual camera, Galaxy S4 memungkinkan foto si pengambil gambar ikut ditampilkan bersama dengan objek foto. Sedangkan untuk sound&shot, Anda bisa ikut merekam suara saat pengambilan foto. Fungsinya adalah untuk membuat foto menjadi lebih hidup dengan tambahan suara pada saat momen pengambilan gambar.

Overall, kamera HTC One maupun Galaxy S4 berhasil membawa fitur kamera ke level yang lebih advance. Samsung unggul dalam hal kelengkapan fitur, sementara HTC unggul dalam hal kemampuannya menyerap cahaya lebih banyak. Untuk kualitas, HTC One lebih unggul, tapi untuk hiburan dan merekam momen, Samsung Galaxy S4 jauh bisa diandalkan.

Screen

Hingga berita ini diturunkan, HTC One dan Samsung Galaxy S4 layak menyandang sebutan ponsel dengan layar terbagus di jagad raya. Keduanya punya layar beresolusi full HD 1920×1080 pixel. Samsung menggunakan teknologi Super AMOLED yang hemat energi pada layar berukuran 5 inch, sedangkan HTC menggunakan super LCD 3 untuk layar 4,7 inch-nya. Secara kerapatan pixel, HTC One unggul dengan 468 ppi dibanding Samsung yang hanya 441 pixel. Tapi itu adalah harga yang harus dibayar Samsung lantaran punya diagonal layar 0,3 inch lebih panjang dari HTC One. So, untuk layar, Kami lebih suka memberikan hasil imbang.

Design

Balutan material alumunium unibody membuat HTC One terlihat mewah dan berkelas. Desainnya pun beda dengan smartphone sebelumnya. Bagian mukanya tampil bergaya retro dengan dua rongga speaker yang diklaim mampu menghasilkan suara lebih menggelegar. Sementara Galaxy S4 tampil serupa dengan pendahulunya, Galaxy SIII. Masih menggunakan material plastik polycarbonate untuk membungkus body-nya.  Samsung beralasan material tersebut penting untuk memangkas bobot Galaxy S4  menjadi 130 gram, lebih ringan dari bobot HTC One yang mencapai 143 gram.  Ini pula yang mebuat Galaxy S4 tampil lebih tipis, 7,9 mm, dari HTC One, 9,3 mm. Tapi jujur, desain dan material Galaxy S4 kurang merepresentasikan ponsel mewah. Beda dengan HTC One yang terlihat lebih premium. So, untuk desain, Kami memilih HTC One sebagai pemenangnya.

User Interface

Baik HTC One maupun Galaxy S4 tampil dengan user interface yang berbeda dari ponsel Android kebanyakan. Galaxy S4 terlihat advance dengan interface touchwiz sedangkan HTC tampil berbeda dengan HTC Sense. Pada home screen, HTC One memberi kemudahan melalui fasilitas BlinkFeed yang akan membawa berita yang ada di News Feed atau aplikasi lainnya ditampilkan pada layar Home Screen. Sementara Galaxy S4 terlihat futuristic dengan fasilitas Air View dan Air Gesture. Kedua fasilitas tersebut memungkinkan Anda untuk melihat preview gallery tanpa benar-benar menyentuh layar. Anda bahkan hanya perlu melambaikan tangan ke kiri atau ke kanan untuk men-swipe layar. Lebih menariknya lagi, Galaxy S4 punya kemampuan melacak mata yang memungkinkan Anda untuk memutar dan mem-pause video hanya dengan memalingkan wajah. Well, untuk interface, tanpa ragu Kami memilih Galaxy S4 sebagai pemenangnya.

Other Feature

Samsung Galaxy S4 hadir dengan dua piliha prosesor yaitu octa core Exynos 5 1,6 GHz dan quad core Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz. Sedangkan HT One menanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 1,7 Ghz. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB dan hadir dalam pilihan memori 16/32/64 GB untuk Galaxy S4, dan 32/64 GB untuk HTC One.

Untuk fitur,  HTC One mengunggulkan BlinkFeed, Sense Voice,  dan BoomSound. Sementara Galaxy S4 membawa segudang fitur yang mampu meredefinisi arti smartphone. Yup, Galaxy S4 punya ChatOn dan S Translator yang memungkinkan Anda chatting dengan berbagai bahasa yang berbeda. Karena Galaxy S4 akan mentranslate secara otomatis dan mengenal 10 bahasa berbeda. Selain itu, ada juga S-Voice drive untuk melengkapi fungsi S-Voice sebagai asisten pribadi. Fitur-fitur tersebut dikemas bersama dengan fungsi eye tracker,  S Health hingga TV remote control.  Dengan beragam fitur tersebutlah Galaxy S4 mampu mengungguli HTC One.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan sementara yang Kami lakukan, samsung Galaxy S4 berhasil mengungguli HTC One dengan skor 3 : 2.  Tapi perbandingan tersebut belum final, karena keduanya harus terlebih dulu membuktikan kemampuannya saat benar-benar tiba di pasaran. Kita tunggu saja nanti!