SHARE

seorang wanita pengguna ponsel di tahun 1938 terekam video
seorang wanita pengguna ponsel di tahun 1938 terekam video

Jakarta – Masih ingat dengan berita menghebohkan tentang “Time Traveler in Film in 1938 Film?”. Video singkat yang diunggah di YouTube itu sempat heboh di dunia maya  karena memperlihatkan seorang wanita yang menggunakan ponsel di tahun 1938.

Wanita itu “nampak aneh” karena tahun 1938 perangkat ponsel belum ada. Makanya tak heran kemudian muncul spekulasi bahwa sang wanita di video tersebut adalah ‘time traveler’ atau penjelajah waktu dari masa depan.

Film yang dibuat di sebuah pabrik di Amerika Serikat pada tahun 1930-an itu benar-benar telah membuat penasaran sekitar 300 ribu orang yang menonton video tersebut.

Pertanyaan besarnya adalah, bagaimana mungkin ada orang yang menggunakan perangkat ponsel di tahun 1930-an, yang saat itu komunikasi wireless belum ada.

Dugaan pun bermunculan dengan menyebut wanita itu adalah penjelajah waktu dari masa depan. Dia membawa teknologi saat ini ke masa lalu (tahun 1930-an), dan sempat terekam kamera.

Namun semua spekulasi itu akhirnya bisa terjawab, setelah seorang pemilik akun ‘planetcheck’ yang mengklaim sebagai cicit dari wanita itu yang diketahui bernama Gertrude Jones.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (1/4/), sang cicit itu mengatakan, wanita dalam video tersebut bukan time traveler seperti yang dispekulasikan para penganut paham teori konspirasi selama ini.

Wanita itu memang benar sedang menggunakan ponsel. Perangkat ponsel yang digunakan wanita dalam video itu merupakan ponsel yang masih prototipe dari pabrik alat komunikasi di Leominster, Massachusetts. Video itu sendiri diambil di sebuah pabrik milik Dupont.

“Saat itu dia masih berusia 17 tahun. Saya bertanya padanya soal video tersebut dan dia ingat bahwa Dupont memiliki divisi komunikasi telepon di pabrik,” jelas sang cicit.

“Mereka sedang melakukan eksperiman untuk mengembangkan telepon tanpa kabel. Gertrude (wanita dalam video) dan lima wanita lainnya diberikan ponsel itu untuk pengujian selama seminggu,” terangnya lagi.

Sebelumnya beberapa pengguna YouTube lainnya juga menerangkan hal serupa terkait kerabat mereka yang bekerja di pabrik tersebut. Penasaran ingin lihat video ‘time traveler’? Simak videonya dibawah ini: