Home Berita Teknologi

Wah, Ponsel Windows Phone Bisa Jadi Stetoskop

by -
25

Jakarta – Bagi seorang dokter, alat stetoskop adalah perangkat wajib. Tapi bagaimana kalau dokter itu pengguna ponsel Windows Phone? Yup, hasilnya adalah kedua perangkat itu pun “disulap” menjadi alat kedokteran.

Adalah empat orang mahasiswa kedokteran yang kreatif dari University of Melbourne yang telah berhasil memadukan kedua perangkat tersebut. Proyek ini sebenarnya adalah hasil dari sebuah kompetisi yang bertajuk ‘Imaginge Cup 2012’ yang berlangsung di Australia.

Ajang tersebut dikelola oleh Microsoft, dan dari lomba ini memang banyak melahirkan teknologi baru pada perangkat berbasis sistem operasi buatan Microsoft. Demikian yang telsetNews kutip dari Techcrunch, Rabu (12/09),

StethoCloud begitu nama alat ini untuk benda yang biasanya dicolokkan ke telingan dokter. Tapi dengan bantuan ponsel, alat ini dicolokkan ke ponsel Windows Phone. Cara kerjanya pun cukup sederhana. Cukup tampilkan ke bagian dada untuk mendengar detak jantung dari orang tersebut.

Data tersebut akan diolah dan dikirim ke server. Dan aplikasi yang sudah tertanam akan memberi tahu diagnosa apa yang sedang terjadi pada tubuh si pasien tersebut. Alat ini diklaim sangat membantu bagi para penderita pneumonia. Jenis penyakit ini banyak ditemui di negara berkembang.

Perangkat StethoCloud ini dijual dengan harga yang relatif murah, yakni USD 20 atau sekitar Rp 200 ribu. Setidaknya penemuan ke empat mahasiswa dari Australia ini bisa membuka mata bahwa smartphone tak hanya digunakan untuk bermain game, tapi juga bermanfaat untuk dunia kesehatan.

Nah, jika Anda penasaran ingin mengetahui bentuk dan cara menggunakan StethoCloud, Anda bisa melihat videonya di bawah ini: