Home Review Review Ponsel

Nokia Asha 202

by -
91

Secara desain, ponsel ini kami nilai cukup menarik. Meskipun  Kami sempat dibuat bingung, pasalnya keypad numerik selalu identik dengan tombol navigasi. Tapi ketika kami coba secara detail, tombol navigasi malah hilang. Digantikan dengan layar sentuh. Untuk memilih dan mengembalikan pilihan menu, Anda cukup menekan undo pada layar. Cukup meribetkan memang, terlebih butuh usaha lebih agar menu bisa dipilih oleh jari.

Kalau dari segi  balutan warna, kami acungi jempol. Nokia memang paling pintar pillih warna dan kombinasinya.  Nokia Asha 202 full terbuat dari plastik, tapi pada bagian tulang bodinya terbuat dari alumunium ringan yang dilapisi Chrome. Dan semua ponsel terdiri dari warna Dark Red, Black, Silver White, Dark Grey, Golden White.

Uniknya, pada bagian kiri ponsel ini terdapat slot untuk Simcard ke dua. Tidak seperti kebanyakan ponsel lainnya yang menyiapkan slot Simcard ke dua di bawah baterai bersamaan dengan Simcard pertama. Untuk teknologinya, Asha 202 sudah mengusung Java MIDP 2.1. So, ponsel ini mampu bersaing dengan ponsel lokal dengan memiliki fitur yang sama.

Kemudian, ketika kami mencoba kameranya, terdapat beberapa pengaturan resolusi yang dimulai dari 0,1 megapiksel 240 x 320, 0,3 megapiksel 480 x 640, 1,2 megapiksel 960×1280 hingga maksimal adalah 2 megapiksel 1200 x 1600. Kalau dari segi fitur, kami menilai masih standar untuk ukuran kamera ber Symbian S40, ada effect, white balance, serta grid. Untuk menangkap vidoe, Nokia Asha 202 mampu hingga resolusi 176 x 144 @15 fps. Sayangnya, Anda tidak akan bisa melakukan video call sebab tidak dilengkapi dengan kamera depan.

Pada Asha 202, dalam menu musiknya terdapat tiga  pilihan menu yaitu my music, nokia music, dan radio. Di ponsel ini, berbagai file music dari format AAC, MP3, MP4, WAV, WMA bisa Anda putarkan dengan mulus. Untuk pengelompokkan lagunya pun cukup urut, yakni  all songs, playlists, artist, album, genre, dan video.

Nah, bicara akses data, sayangnya ponsel satu ini masih menggunakan koneski EDGE. Cuma ketika Anda membuka browsernya sudah ada default tab seperti Social Media, Berita Terkini, Enterntainment, Info Gaya Hidup, Top Apps Gratis dan Top Indo Sites. Di browser tersebut juga tersedia tampilan tab atas untuk pencarian.

EA Games

Enaknya, games dari EA ini bisa didownload dari Nokia Market, dan dinikmati gratis selama 60 hari. Bonus game ini hampir senilai dengan Rp 930 ribuan. Dan total games yang bisa Anda download secara gratis hingga 40 aplikasi permainan.

Life Tools

Ini adalah salah satu fitur andalan Nokia dalam memanjakan penggunanya. Fitur ini tak dapat di ponsel Nokia model lama. Bahkan di seri Symbian S40, banyak perubahan yang dilakukan Nokia Life Tools. Anda bisa menemukan apa saja di sini.

Peta

Dengan aplikasi satu ini, dijamin Anda tak akan kesasar.  Anda bisa mencari tempat favorit hingga merencanakan rute kemana Anda akan pergi. Ketika bingung dimana posisi Anda sekarang  pun bisa langsung gunakan pilihan posisi Saya.

 

Harga dan Spesifikasi