Home Review

Huawei Ideos S7 Slim

by -
0 0

Tablet ini lumayan nyaman untuk ditenteng ke mana-mana. Ukuran layar berukuran 7 inch ditambah dengan sosoknya yang ramping membuatnya pas masuk dalam tas. Sistem operasi yang digunakan masih Android versi 2.2 atau Froyo. Namun dengan fitur-fitur yang diusung, harga Rp 2,4 juta rasanya lumayan sepadan di tengah harga pasaran tablet yang rata-rata di atas Rp 4 juta.

User Interface

Seperti tablet pada umumnya, pengoperasian Ideos S7 Slim ini pun banyak mengandalkan layar sentuh. Dari sisi respon, layar tablet ini bukanlah yang paling responsif apalagi jika dibandingkan dengan tablet HTC Flyer yang memiliki ukuran layar sama. Namun tidak juga lemot seperti ZTE Light. Bisa dibilang respon layar cukup lumayanlah. Sensor lain adalah akselerometer atau sensor orientasi. Responnya agak lambat. Sayangnya orientasi layar saat berada di home screen hanya bisa horisontal. Selain itu tombol sentuh kapasitif pun posisinya selalu di sisi kanan layar, tidak dapat berubah sesuai orientasi posisi tablet.

User Interface tablet ini cukup intuitif dengan lima kategori halaman yang terdedikasi, yang masing-masing terdiri dari dua halaman. Jadi bisa dibilang layer dari tablet ini ada sepuluh. Kelima kategori layer tersebut adalah home, Web, entertainment, communications dan favourites. Judul kategori tersebut terjejer di barisan bawah layar, dengan tambahan tombol menu di bagian paling kanan. Pada pojok kanan layar didedikasikan untuk mengendalikan WiFi, kecerahan layar, pengaturan jaringan dan akses ke halaman informasi yang berisi pengendalian konektivitas, notifikasi serta task tablet yang sedang aktif hanya dengan sekali sentuhan.

Communication

Layaknya ponsel, tablet Huawei Ideos S7 Slim ini dapat digunakan untuk menelepon dan berbagai kebutuhan komunikasi lainnya. Seperti telah diulas pada bagian User Interface, tersedia dua layer khusus yang didedikasikan untuk sarana komunikasi. Untuk mengaksesnya tinggal tekan tab Communication di bagian bawah layar. Fungsi yang tercakup di dalamnya adalah Email Widget, Contacts, Dialer, dan Call log pada halaman pertama. Sedangkan pada halaman kedua terdapat fungsi-fungsi komunikasi menggunakan teks, yaitu Email, Gmail, Messaging dan Gtalk. Tentu saja Anda tetap dapat memodifikasi widget atau shorcut pada setiap halaman. Misalnya ingin menambahkan Twitter di halaman ini pun juga bisa. Tinggal geser ikon Twitter dari menu utama ke halaman ini.

Camera

Tablet ini dibekali dengan dua kamera. Kamera utama dengan resolusi 2MP terletak di bagian belakang. Seperti biasa kamera tambahan terletak di panel depan. Tepatnya di panel sisi kiri layar, posisi ini pas untuk untuk melakukan video calling atau video chatting dengan posisi tablet landscape. Sayangnya fungsi kamera pada tablet ini tak dapat melakukan transisi antara kamera depan dan belakang dari menu kamera. Anda harus melakukannya pada menu pengaturan.

Camera Mode

Camera Settings

-          Picture Size (2048 x 1536, 1920 x 1080 x 1600 x 1200, 1280 x 768, 1280 x 720, 1024 x 768, 800 x 600, 800 x 480, 640 x 680, 352 x 288, 320 x 240, 176 x 144)

-          Picture Quality (Jpeg 55%, Jpeg 65%, Jpeg 75%, Jpeg 85%, Jpeg 95%, Jpeg 100%, Super fine, Fine, Normal)

-          Color Effect  (None, Mono, Sephia, Negative)

-          Select Picture Format (Jpeg)

-          Restore to Defaults

-          Store Location (ON, Off)

-          White Balance (Auto, Incandescent, Daylight, Fluorescent, Cloudy)

-          Zoom (1x, 1.3x, 1.7x, 2.3x, 3x, 4x)

Camcorder

-          Color Effect  (None, Mono, Sepia, Negative)

-          Video quality (CIF )

-          Audio Encoder (AMRNB)

-          Video Duration (30 minutes)

-          White Balance (Auto, Incandescent, Daylight, Fluorescent, Cloudy)

-          Video Quality (High, Low, MMS, Youtube, Custom)

 

Connectivity

Koneksi data pada tablet sudah didukung teknologi HSDPA dan WiFi sehingga nyaman untuk berselancar di internet, menonton video streaming maupun mengunduh berbagai aplikasi dan game. Kecepatan HSDPA tak perlu diragukan, benar-benar cepat, membuka browser tanpa tersendat.  Tersedia juga fitur Portable WiFi Hotspot yang berfungsi untuk membagi koneksi data yang diberikan oleh operator ke perangkat lain yang sudah didukung oleh teknologi WiFi. Selain itu tersedia juga port micro USB dan port untuk docking. Sayangnya port micro USB ini tidak dapat berfungsi sebagai port catu daya.

Multimedia

Keistimewaan lain dari tablet ini adalah, walau dibandrol dengan harga yang murah, namun sudah didukung oleh port HDMI. Sehingga dapat dihubungkan dengan TV HD. Tampilan lain yang layak dicoba dari multimedia yang tersedia pada tablet ini adalah video player. Ketika aplikasi dibuka, secara otomatis akan mendeteksi seluruh file video, lengkap dengan judul, thumbnail, durasi dan ukuran file tampil di layar. Tampilan daftar tersebut terdiri dari tiga kategori yaitu All atau seluruh file, Internal dan External.

System

Tablet ini menggunakan prosesor Snapdragon dengan clock 1 GHz. RAM yang disisipkan pada tablet ini memiliki kapasitas 512 MB. Sayangnya sistem operasi yang digunakan masih menggunakan Android versi 2.2 atau Froyo. Padahal beberapa sistem operasi tablet lain sudah menggunakan Gingerbread dan Honeycomb. Total kapasitas media penyimpanan internal pada Huawei Ideos S7 Slim ini adalah 4.66 GB.

Jika memori internal masih kurang, Anda dapat menyisipkan micro SD pada slot yang terdapat di sisi bawah tablet. Namun micro SD tak dapat langsung terbaca jika dimasukkan dalam keadaan hidup. Anda tetap harus melakukan restart terlebih dahulu. Setelah direstart, berbagai file dapat langsung terbaca dari File Manager. Selain itu, file-file multimedia juga dapat terdeteksi langsung menggunakan aplikasi Music, Photo dan Video. Tergantung dari jenis file tersebut.

Application

Tablet ini tak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan semata. Namun juga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan kerja Anda. Dokumen-dokumen office dalam format doc, xls, ppt dan pdf dapat dibuka langsung menggunakan aplikasi Documents To Go. Anda dapat juga menyortir dan menghapus dokumen pada kartu memori dengan browser file built in. Selain itu pengaksesan secara cepat beberapa dokumen yang terakhir digunakan melalui Live Folder™.

Fungsi tambahan untuk mengedit dan membuat file office yang baru dapat diunduh dari Android Market. Caranya, dari Menu utama Documents To Go, tekan Upgrade Store untuk membeli versi penuh dari aplikasi ini. Aplikasi khas Google tentu saja sudah terbenam pada tablet ini. Sebagai pelengkap kebutuhan jejaring sosial, sudah tersedia Facebook dan Twitter. Sayangnya tablet ini belum didukung oleh aplikasi Google Plus. Namun Anda dapat mengunduhnya dari Android Market. Jika masih belum bisa mendapatkannya, silahkan instal Market Enabler terlebih dahulu untuk mengakalinya.

Harga Rp 2.400.000

Technical Specs

Screen                  7 inch TFT capacitive touchscreen, 480 x 800 pixels

Dimension          200 x 109.5 x 12.5 mm / 400 gram

Storage                Internal Memory 4.6 GB + MicroSD (up to 32 GB)

Connectivity       GPRS, WiFi, HSDPA, micro USB, HDMI port,  Bluetooth A2DP, Audio port 3.5 mm, A-GPS

Camera                Dual Camera, 2MP rear camera, VGA front camera

Media                   Photo  Editor

System                 Android Processor Snapdragon 1 GHz, RAM 512 MB